Kepala Tukang

Kepala Tukang

Kepala Tukang bertugas mengatur, mengelola dan memanajemen para Tukang Bangunan untuk bisa bekerja secara profesional, teamwork dengan etos kerja positif dalam menghasilkan konstruksi bangunan yang menarik, kuat, kokoh sesuai perhitungan / prinsip desain secara maksimal, tepat waktu dan memuaskan customer / pemiliknya.

Kerjasama yang baik antara Kepala Tukang, Arsitek dan para Tukang Bangunan sangatlah penting. Kepala Tukang yang berpengalaman juga sebagai solusi kepada customer / konsumen dalam mewujudkan rencananya, karena dengan Pengalaman di lapangan , calon customer / konsumen bisa melakukan penghematan pembiayaan.

Tidak perlu memakai Jasa Kontraktor Besar / Arsitek Mahal , cukup dengan Kepala Tukang saja , semua proses pekerjaan bisa dikerjakan dengan baik dan lancar.

Kepala Tukang akan menyiapkan para Tukang Bangunan untuk mengeksekusi pekerjaan di lapangan, para tukang bangunan yang disiapkan juga harus memiliki kriteria yang bagus di bidang ini :

1.Kemampuan dan keterampilan
Tukang bangunan berdasarkan kemampuan atau keahlianya. Tiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dan dibutuhkan plotting tukang yang sesuai. Tukang bangunan bisa dibagi atas tukang gali, tukang batu, tukang besi, tukang kayu, dan tukang cat.

Tukang Bangunan yang berpengalaman sebagai tukang gali tentu harus ditempatkan di bagian penggalian, mereka yang biasa melakukan pengecoran dan konstruksi haruslah tukang besi ahli, atau mereka yang bertugas membangun pondasi rumah dengan batu haruslah tukang batu profesional.

2.Fisik sehat dan prima
Seorang tukang bangunan adalah pekerjaan yang menguras tenaga. Untuk menghindari resiko keterlambatan selesainya suatu bangunan, fisik tukang bangunan juga harus tetap terjaga dengan baik.

Mereka yang sedang sakit sebaiknya tidak dilibatkan dulu dalam pembangunan karena berisiko tidak masuk kerja dan mengancam keselamatan kerjanya. Selain masalah kesehatan, fisik yang prima juga harus diperhatikan.

Suplai makanan , minuman harus terjaga dengan baik.

3.Berpengalaman dan terpercaya
Tukang bangunan yang berpengalaman dapat memudahkan pekerjaan para kontraktor. Walaupun biasanya upah tukang bangunan yang berpengalaman lebih mahal, namun memakai jasa tukang yang berpengalaman bisa menghemat banyak biaya. Bahan bangunan digunakan dengan pas dan tidak terbuang percuma, serta upah harian lebih sedikit karena waktu pengerjaan lebih cepat.

Tukang bangunan yang berpengalaman juga membuat iklim kerja lebih menyenangkan. Tukang tidak perlu lagi disuruh dan telah tahu apa yang perlu dikerjakannya.

Selain berpengalaman, tukang bangunan yang akan dipilih juga haruslah terpercaya. Cari tahu apakah mereka sebelumnya pernah bermasalah di proyek lain atau hal lainnya. Rekomendasi dari kenalan bisa dijadikan referensi dalam urusan terpercaya atau tidaknya seorang tukang bangunan.

4.Disiplin, Etos Kerja Bagus dan Berakhlak
Kepala Tukang akan memberikan estimasi kapan sebuah bangunan selesai dibangun. Estimasi waktu tersebut bisa juga disebut sebagai janji yang harus dipenuhi.

Laporan kondisi di lapangan seperti apapun tidak diperlukan pemilik bangunan, sebab mereka butuh hasil, bukan kejadian yang ada dalam proses membangun. Oleh sebab itu, dalam membangun sebuah bangunan, semua pekerja harus disiplin. Datang tepat waktu, kerja sesuai bagian, dan pulang di waktu yang tepat pula, tanpa terkecuali.

Tukang bangunan menunjukan tanda-tanda dia tidak disiplin, seperti datang terlambat tanpa alasan yang jelas, ada baiknya tukang bangunan tersebut tidak lagi digunakan jasanya. Karena satu orang yang tidak disiplin saja bisa menghambat keseluruhan pembangunan selama beberapa waktu.

5.Memahami gambar atau desain arsitektur
Tukang bangunan bukanlah mereka yang bersekolah di bidang arsitektur. Namun, beberapa tukang bangunan yang telah berpengalaman, bisa memahami gambar atau desain arsitektur.

Kemampuan memahami gambar atau desain arsitektur dapat membantu proses pengerjaan bangunan sesuai dengan rancangan arsitek. Bukan hanya sesuai secara visual saja, namun juga dari segi perhitungan dan ukuran.

Kepala Tukang akan terus berhubungan dengan customer / konsumen , baik setelah selesai sebuah pekerjaan, agar nantinya jika dibutuhkan di proyek baru, bisa siap kembali mengerjakan pekerjaan tersebut.

× Hubungi Saya