Tugas Kepala Tukang

Tugas Kepala Tukang

Menjadi profesi sebagai kepala tukang adalah pekerjaan yang tidak mudah, tentunya dengan pengalaman panjang yang dimulai dari bawah , dari kenek, asisten tukang, tukang bangunan, kemudian menjadi seorang kepala tukang.

Kepala tukang bangunan untuk pembangunan Rumah atau Renovasi rumah , tentunya memiliki banyak tukang bangunan yang dikelolanya. Untuk itu harus memiliki tanggung jawab dan tugas yang baik agar proyek yang dikerjakan berjalan dengan lancar.

Tugas kepala tukang dapat dirinci sebagai berikut:

1.Memimpin
Memimpin semua tenaga kerja di lapangan agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik, tepat dan hasil yang bagus. Kepala tukang untuk mengarahkan, membimbing, membetulkan bila ada yang salah. Selain itu tugas Kepala Tukang adalah memastikan hasil pekerjaan para tukang optimal.

2.Memberikan Contoh
Setiap pekerjaan sudah ada manual kerjanya, bagaimana urutan mengerjakan dan sudah ada gambar kerja. Tapi kadang kala manual kerja yang sudah ada kurang memadai dan tidak selalu bisa kerjakan oleh para tukang. Kepala tukang wajib memberikan contoh ‘bagaimana mengerjakan’ sebuah pekerjaan dengan baik dan benar, selanjutnya memastikan tukang bisa melakukan sesuai standar. Memberikan contoh bisa dilakukan juga oleh seorang tukang senior, namun bila tidak ada tukang senior, maka menjadi tugas dari Kepala Tukang

3.Tempat bertanya dan belajar
Apabila menemukan permasalahan dalam pekerjaannya maka para tukang bisa bertanya kepada kepala tukang. Para tukang tidak perlu khawatir karena ada Kepala Tukang tempat bertanya bila ada permasalahan, sekaligus para tukang bisa belajar kepada kepala tukang tantang hal-hal baru yang ditemukan. Apabila kepala tukang tidak bisa memberikan jawaban atau solusi, dia bisa bertanya kepada Mandor atau Pelaksana.

4.Koordinasi dengan mandor
Kepala tukang bertugas membuat laporan kepada kepada mandor atau pelaksana dan wajib berkonsultasi bila terdapat kesulitan atau masalah di proyek pembangunan. Hal ini dilakukan untuk memastikan pekerjaan berjalan sesuai perencanaan

5.Penitipan upah kerja
Upah pekerja / tukang dalam sebuah proyek dikelola oleh Kepala Tukang. Dia bertugas untuk membagikan ke tukang di bawahnya sesuai keahlian dan pendapatan masing-masing sesuai jadwal pembayaran yang disepakati

6.Mengatur alat kerja
Peralatan kerja sangat berpengaruh kepada hasil pekerjaan pembangunan. Kepala Tukang harus memastikan kebutuhan alat kerja dalam pelaksanaan proyek pembangunan, memperhatikan jumlah yang dibutuhkan, kondisi alat kerja sampai kepada mengatur pembagian alat kerja kepada para tukang. Dalam hal ini dibantu oleh mandor bangunan.

Dengan tugas diatas, Kepala Tukang dapat mengerjakan berbagai proyek yang berjalan dengan baik, kerjasama team dalam hal ini Kepala Tukang, Mandor, Tukang Bangunan, Kenek sangat menentukan hasil kinerja akhir di lapangan.

 

Pakai Jasa Kepala Tukang ya ?

Chat di WhatsApp
Trending Now : Punya Rencana Bangun Rumah Baru ?